Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kearifan Lokal dan Multiliterasi

Penulis
Dr. Hj. Darmawati, S.Ag., M.Pd. dan Dr. H. Ambo Dalle, S.Ag., M.Pd.
Editor
Dr. Habib, S.Ag., M.Ag.
Tahun Terbit
2025
Isbn
-
Edisi
-
Halaman
132
Ukuran
14.5 x 20.5
Bahan
Hvs 70 Gram
Harga
40000
Synopsis
Buku ini menawarkan pendekatan inovatif dalam pembelajaran bahasa Arab dengan mengintegrasikan unsur kearifan lokal dan konsep multiliterasi. Melalui pendekatan ini, pembelajaran bahasa Arab tidak hanya berfokus pada aspek linguistik, tetapi juga pada pemahaman budaya dan tradisi lokal yang relevan dengan kehidupan sehari-hari mahasiswa. Pendekatan kearifan lokal dalam buku ini membantu mahasiswa untuk lebih mudah memahami dan menginternalisasi bahasa Arab melalui perbandingan dengan nilai-nilai budaya yang mereka kenal. Sementara itu, multiliterasi memungkinkan siswa untuk mengakses berbagai bentuk teks dan media, memperkaya pengalaman belajar mereka dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Buku ini dirancang untuk guru, dosen, dan praktisi pendidikan yang ingin menerapkan metode pembelajaran yang kontekstual dan relevan dengan kebutuhan zaman. Dengan contoh kasus dan model pembelajaran yang aplikatif, buku ini menjadi panduan praktis dalam merancang dan mengembangkan kurikulum bahasa Arab yang berakar pada budaya lokal dan berorientasi global.